Ekodwimulyono82's Blog

SMK Pancasila 2 Jatisrono

Memelihara/ servis sistem rem dan komponen-komponennya

Nama Sekolah : SMK PANCASILA 2 JATISRONO Program Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF Mata Pelajaran : OTOMOTIF 2-1 Kelas / Semester : XI/III Pertemuan Ke : Alokasi Waktu : 18 X 45 MENIT Kode Kompetensi : OPKR-40-002B STANDAR KOMPETENSI : Pemeliharaan/servis sistem rem KOMPETENSI DASAR : Memelihara/ servis sistem rem dan komponen-komponennya INDIKATOR : 1. Pemeliharaan/servis sistem rem dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya. 2. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan di pahami 3. Sistem rem dan komponennya dipelihara/diservis dilaksanakan dengan metode, perlengkapan dan material yang di tetapkan berdasarkan spesifikasi pabrik. 4. Data yang tepat di lengkapi sesuai hasil pemeliharaan/servis 5. Seluruh kegiatan pemeliharaan/servis system/komponen dilaksanakan berdasarkan SOP(Standard Operation procedures),undang-undang K3(Keselamatan dan Kesekatan kerja), peraturan per undang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan MATERI PEMBELJARAN : 1. Jenis dan tujuan pemeliharaan 2. Teknik pemeliharaan berbagai jenis sistem rem 3. Pemeliharaan/servis sistem rem dan komponennya sesuai SOP,K3, peraturan dan prosedur/kebijakan perusahaan METODE PEMBELAJARAN : Teori, Tanya jawab, observasi dan praktek TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Siswa dapat memahami jenis dan tujuan pemeliharaan 2. Siswa dapat melakukan pemeliharaan berbagai jenis sistem rem 3. Siswa dapat memahami Pemeliharaan/servis sistem rem dan komponennya sesuai SOP,K3, peraturan dan prosedur/kebijakan perusahaan TAHAPAN KEGIATAN PENDAHULUAN (AWAL) 1. Guru memberi salam dan berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran 2. Siswa menyiapkan peralatan penunjang materi 3. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di ajarkan INTI 1. Memahami berbagai jenis dan tujuan pemeliharaan sistem rem melalui penggalian informasi pada buku manual 2. Memahami prosedur pemeliharaan rem tromol melalui pengalian informasi pada buku manual 3. Memahami prosedur pemeliharaan rem cakram melalui pengalian informasi pada buku manual 4. Memeriksa komponen-komponen rem tromol dan rem cakram melalui kegiatan perawatan harian dan berkala 5. Melaksanakan penyetelan tinggi pedal rem 6. Menyetel kerapatan antara sepatu rem dan teromol sesuai SOP 7. Mengeluarkan angin palsu pada sistem rem (bleeding) 8. Melakukan pemeriksaan kerja sistem rem hasil pemeliharaan PENUTUP 1. Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali konstruksi kopling 2. Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali prinsip kerja kopling 3. guru mengakhiri pelajaran dan memberi tugas kepada para siswa untuk membuat laporan kerja BAHAN/SUMBER BELAJAR : 1. Modul servis rem 2. Buku manual 3. Unit kendaraan 4. Special tool PENILAIAN : 1. Test tertulis Penilaian dilakukan dengan soal-soal tertulis 2. Non test Dengan observasi/cek list dan lisan Mengetahui, Jatisrono,1 Agustus 2008 Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran Yanto, S.Pd, M. Pd Eko Dwi Mulyono, S.Pd

Agustus 15, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: