Ekodwimulyono82's Blog

SMK Pancasila 2 Jatisrono

Servis Unit kopling dan komponen sistem pengoperasian

Nama Sekolah    : SMK PANCASILA 2 JATISRONO
Program Keahlian    : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Mata Pelajaran    : OTOMOTIF 2-1
Kelas / Semester    : XI/III
Pertemuan Ke    :
Alokasi Waktu    : 24 X 45 MENIT
Kode Kompetensi    : OPKR-30-001B

STANDAR KOMPETENSI :
Pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian kopling

KOMPETENSI DASAR :
1. Memelihara/ servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian

INDIKATOR :
1. Pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen system pengoperasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
2. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan di pahami
3. Semua prosedur pemeliharaan/servis di laksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik
4. Seluruh kegiatan Pemeliharaan/servis unit kopling dilaksanakan berdasarkan SOP(Standard Operation procedures),undang-undang K3(Keselamatan dan Kesekatan kerja), peraturan per undang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan

MATERI PEMBELJARAN :
1. Prinsip kerja kopling
2. Unit kopling dan komponen sistem pengoperasian yang perlu dipelihara/servis
3. Data spesifikasi pabrik
4. Langkah kerja pemeliharaan/servis unit kopling berdasarkan SOP, K3(Keselamatan dan Kesekatan kerja), peraturan per undang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan

METODE PEMBELAJARAN :
Teori, Tanya jawab, observasi dan praktek

TUJUAN PEMBELAJARAN :
5. Siswa dapat memahami prinsip kerja kopling
6. Siswa dapat melakukan servis unit kopling dan sistem pengoperasian
7. Siswa dapat memahami data spesifikasi pabrik
8. Siswa dapat memahami dan menerapkan standar prosedur keselamatan kerja
TAHAPAN    KEGIATAN

PENDAHULUAN
(AWAL)
1. Guru memberi salam dan berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
2. Siswa menyiapkan peralatan penunjang materi
3. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di ajarkan

INTI
1. Memahami prinsip kerja kopling manual melalui penggalian informasi pada buku manual
2. Memahami konstruksi kopling dan komponen-komponennya
3. Menerapkan prosedur pemeliharaan/servis unit kopling dan komponensistem pengoperasian
4. Melakukan prosedur pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen system pengoperasian
5. Melepas dan mengganti unit kopling dari kendaraan sesuai SOP
6. Melaksanakan penyetelan tinggi pedal kopling
7. Membongkar komponen kopling sesuai SOP
8. Memeriksa komponen kopling sesuai SOP
9. Merakit komponen kopling sesuai SOP
10. Melakukan pemeriksaan kerja kopling

PENUTUP
1. Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali konstruksi kopling
2. Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali prinsip kerja kopling
3. guru mengakhiri pelajaran dan memberi tugas kepada para siswa untuk membuat laporan kerja

BAHAN/SUMBER BELAJAR :
1. Modul servis kopling
2. Buku manual
3. Unit kendaraan
4. Special tool
5. Alat-alat tangan
PENILAIAN :
1. Test tertulis
Penilaian dilakukan dengan soal-soal tertulis
2. Non test
Dengan observasi/cek list dan lisan

Mengetahui,                                    Jatisrono,1 Agustus 2008
Kepala sekolah                                       Guru Mata Pelajaran

Eko Dwi Mulyono, S.Pd

Agustus 13, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: