Ekodwimulyono82's Blog

SMK Pancasila 2 Jatisrono

RPP Sistem kopling

Nama Sekolah : SMK PANCASILA 2 JATISRONO
Program Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Mata Pelajaran : OTOMOTIF 2-1
Kelas / Semester : XI/III
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 32 X 45 MENIT
Kode Kompetensi : OPKR-30-002B

STANDAR KOMPETENSI :
Perbaikan kopling dan komponen-komponennya

KOMPETENSI DASAR :
1. Melepas/mengganti unit kopling dan komponen-komponennya

INDIKATOR :
1. Pelepasan dan penggntian kopling dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
2. Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan di pahami
3. Semua prosedur pelepasan dan pengantian di laksanakan berdasarkan spesifikasi pabrik
4. Seluruh kegiatan pelepasan dan penggantian dilaksanakan berdasarkan SOP(Standard Operation procedures),undang-undang K3(Keselamatan dan Kesekatan kerja), peraturan per undang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan

MATERI PEMBELJARAN :
1. Konstruksi dan prinsip kerja kopling
2. Identifikasi kerusakan dan metode perbaikan
3. Penyetelan kopling
4. Standar prosedur keselamatan kerja

METODE PEMBELAJARAN :
Teori, Tanya jawab, observasi dan praktek

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa dapat memahami konstruksi dan prinsip kerja kopling
2. Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan dan metode perbaikan
3. Siswa dapat melakukan penyetelan kopling
4. Siswa dapat mengetahui standar prosedur keselamatan kerja

TAHAPAN KEGIATAN

PENDAHULUAN
(AWAL)
1. Guru memberi salam dan berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
2. Siswa menyiapkan peralatan penunjang materi
3. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di ajarkan

INTI
1. Memahami prinsip kerja kopling manual melalui penggalian informasi pada buku manual
2. Memahami konstruksi kopling dan komponen-komponennya
3. Menerapkan prosedur perbaikan kopling dan komponen-komponennya
4. Melepas dan mengganti unit kopling dari kendaraan sesuai SOP
5. Melaksanakan penyetelan tinggi pedal kopling
6. Membongkar komponen kopling sesuai SOP
7. Memeriksa komponen kopling sesuai SOP
8. Merakit komponen kopling sesuai SOP
9. Melakukan pemeriksaan kerja kopling

PENUTUP
1. Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali konstruksi kopling
2. Guru meminta kepada para siswa untuk memahami dan mempelajari kembali prinsip kerja kopling
3. guru mengakhiri pelajaran dan memberi tugas kepada para siswa untuk membuat laporan kerja

BAHAN/SUMBER BELAJAR :
1. Modul servis kopling
2. Buku manual
3. Unit kopling
4. Unit kendaraan
5. Special tool

PENILAIAN :
1. Test tertulis
Penilaian dilakukan dengan soal-soal tertulis
2. Non test
Dengan observasi/cek list dan lisan

Mengetahui,                                     Jatisrono,1 Agustus 2008
Kepala sekolah                                 Guru Mata Pelajaran

Eko Dwi Mulyono, S.Pd

Agustus 13, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: